Graptophyllum pictum Griff.

Sinonim: Justicia ecbolium Blanco

Nama Daerah: Tulak, Wungu (Jawa), Daun temen-temen, Handeuleum (Sunda),Karotong (Madura), Temen (Bali), Kadi-kadi, Kobi-kobi (Ternate), dan Daun putri.

Pertelaan: Akar tunggang dan berwarna coklat muda. Batang berkayu, beruas, permukaannya licin dengan warna ungu kehijauan. Daun tunggal, bertangkai pendek, bentuknya bulat, pertulangannya menyirip, permukaan atasnya mengkilap, dan tepinya rata. Bunga majemuk, keluar di ujung batang, dengan rangkaian tandan yang berwarna keunguan dengan panjang 3-12 cm. Buah kotak yang lonjong, ungu kecoklatan. Biji bulat dan putih dan berkulit tebal.

Habitat: Di pulau Jawa, tumbuh dari dataran rendah sampai pegunungan pada ketinggian 1.250 mdpl. Menyukai sinar matahari yang penuh, tanah lembab, berdrainase baik, dan kaya bahan organik. Tanaman ini tidak tahan pada tanah dengan kondisi kekeringan dan gersang.

Distribusi: Tanaman ini berasal dari Papua Nugini dan Polinesia, kemudian diperkenalkan ke Indo-China, Semenanjung Malaya, Filipina dan Indonesia.

Komposisi Kimia: Flavonoid (4,5,7-trihidroksi flavonol, 4,4-dihidroksiflavon 3,4,7-trihidroksi flavon-trihidroksi flavondan luteolin 7-glukosida). alkoloid non toksik, saponin, tanin galat, antosianin dan asam asam fenolat.

Perbanyakan & Cara Tanam: Perbanyakan secara vegetatif (stek batang), generatif (biji).Khasiat / Kegunaan: Mengatasi wasir atau ambeien, mengobati batu empedu, bisul, mengatasi konstipasi atau susah BAB, melancarkan buang air kecil, reumatik, obat datang bulan tidak teratur.

Tanaman Obat

Andrographis paniculata Nees

Sinonim: Pervinca rosea (L.) Gaterau  Nama Daerah: Rutu-rutu, Rumput jalang (Sumatra), Kembang sari cina, Kembang serdadu, Paku rane, Tapak doro, Cakar ayam, Tai lantuan (Jawa),

Vernonia amygdalina Delile

Sinonim: Bracheilema paniculatum R.Br. Nama Daerah: Daun Afrika, Daun Pahit (Jawa). Pertelaan: Akar tunggang. Batang tegak, bulat berkayu, berwarna abu abu sedikit kecokelatan. Daun majemuk,

Valeriana officinalis L

Sinonim: – Nama Daerah: Akar Valerian, Ki saat Pertelaan: Akar tunggang, berwarna cokelat. Batang bulat, lunak, tegak, berwarna hijau pucat dengan permukaan yang licin. Daun majemuk, lonjong, panjangnya

Turnera ulmifolia L

Sinonim: Turnera chamaedrys Klotzsch Nama Daerah: Bunga Pukul Delapan, Ilat kucing atau Lidah kucing (Jawa). Pertelaan: Akar tunggang, Batang tua berwarna cokelat, keras, dan berkayu. Daun